Rabu, 07 Juli 2010

NSN - Nokia Jalankan LTE di Pita 800 MHz

JAKARTA - Nokia Siemens Networks (NSN) dan Nokia melakukan panggilan data LTE pertama di dunia pada pita frekuensi 800 MHz. Spektrum ini dikenal sebagai Dividen Digital, akan tersedia ketika perpindahan TV terestrial dari penyiaran analog ke digital.

Kesuksesan pengujian interoperabilitas menandai langkah maju dalam menentukan komersialisasi LTE pada pita ini, terutama mempercepat penyebaran di daerah pedesaan. Karena kemampuan dasarnya yang menarik, spektrum Dividen Digital sangat ideal untuk memberikan layanan broadband bergerak yang cepat dan hemat biaya.

Dengan pita frekuensi yang dibebaskan oleh regulator dan ditugaskan untuk penggunaan LTE, waktu tes ini sangat tepat, karena membantu Nokia dan NSN membawa LTE 800 komersial ke jaringan operator sesegera mungkin.

Tes-test tersebut dilakukan di kantor pusat Kompetensi LTE NSN di Espoo, Finlandia, menyusul permulaan dari produksi LTE Multiradio Flexi base station untuk pita 800 MHz pada bulan April tahun ini, dan melengkapi uji sebelumnya dengan Nokia di  pita 2100 MHz dan 2600 MHz.

Jarak pita yang lebih panjang, 800 MHz membuat operator dapat mencapai area yang lebih banyak dengan BTS yang lebih sedikit, seperti perbandingan frekuensi yang lebih tinggi. Operator menggunakan  LTE pada pita 800 MHz dapat dengan mudah mencapai jangkauan yang sama seperti jaringan GSM (900 MHz) menggunakan BTS yang ada, memudahkan mereka untuk mengambil langkah besar  ke arah visi untuk membuktikan broadband yang universal.

"Tes-tes ini merupakan bagian dari kampanye yang lebih besar yang meliputi berbagai percobaan pelanggan dan demonstrasi untuk membuat LTE pada pita 800 MHz tersedia secara komersial di musim panas ini," kata  Reino Tammela, head of LTE business line, NSN dalam keterangannya, Rabu (7/7/2010).  

"Tepat setelah spektrum Digital Dividen pertama ditugaskan untuk operator dalam pelelangan spektrum di Jerman pada bulan Mei, sangat penting bahwa produk jaringan standar compliant LTE dan perangkat pengguna LTE untuk pita ini secara komersial tersedia," kata Tammela.

Kedua perusahaan mendemonstrasikan interoperabilitas infrastruktur jaringan LTE NSN dengan Nokia multi band Internet Modem RD-3 yang siap untuk LTE. Infrastruktur dari Nokia Siemens Networks termasuk RAN Single nya, dengan Multiradio Flexi Base Station, Evolved Packet Core terdiri Flexi NS (Network Server) dan Flexi NG (network Gateway), dan perangkat lunak standar-compliant.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar