Minggu, 04 Juli 2010

Ini Dia Wujud Mobil Teririt di Dunia

LONDON - Calon mobil teririt dunia karya Gordon Murray akhirnya menampakkan wujud aslinya ke hadapan publik dunia. T.25, begitu disebutnya.
Rencannya mobil ini akan diboyong ke Smith School World Forum on Enterprise and the Environment di Oxford. Mobil ini ditampilkan untuk menjadi solusi bagi masalah mobilitas perkotaan dengan pengembangan teknologi manufaktur terbaru.

Mobil juga diklaim sangat ringan, memiliki struktur ultra aman, desain produk yang fleksibel, sasis tahan lama, biaya perbaikan yang rendah, serta memiliki sebagian bahan yang diperoleh dari hasil daur ulang.

"Sektor transportasi kita sangat bergantung pada bahan bakar fosil, namun sebenarnya kita tahu ada sebagai besar teknologi yang ada dalam sistem transportasi yang bisa memberikan solusi ini. Dan T.25 merupakan contoh bagaimana transisi tersebut berlangsung," papar Founding Director of the Smith School of Enterprise and the Environment, David King, seperti dikutip dari Autoevolution, Minggu (4/7/2010).

Sistem iStream assembly process menjadikan proses perakitan mobil ini hanya dirancang memakan ukuran yang lebih kecil 20 persen dari pabrik mobil konvensional. Ini tentunya bisa mengurangi pembiayaan modal pabrik hingga sedikitnya 80 persen.

"Setelah melalui studi perbandingan yang lengkap dan komprehensif, kami melihat proses perakitan untuk membangun prototipe kendaraan ini menjadikan sebuah proyek yang luar baisa," tambah Managing Director IPE Engineering, Holger Erker.

Ia memprediksi, sistem iStream dapat menjadi proses pengembangan manufaktur industri automotif pada dekade selanjutnya.

T.25 disebut-sebut memiliki panjang 2,5 m, lebar 1,3 m, tinggi 1,6 m, dan jarak sumbu roda 1,78 m. Mobil ini akan menggunakan motor listrik berdaya 25 kW dan baterai li-ion 12 kWh. Bobot mobil diprediksi juga hanya 680 kg sudah termasuk berat baterai yang akan menajdi motor penggeraknya.

Mobil tersebut mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam dalam 15 detik. Sementara itu baterai listriknya akan bertahan sejauh 130-160 km dalam sekali pengisian ulang.

2 komentar:

  1. Wah menarik ini, Kpan indonesia punya kaya seperti ini...........

    BalasHapus
  2. Mungkin setelah tahun 2012....he he he he

    BalasHapus