Senin, 05 Juli 2010

Google Harap-Harap Cemas di China

BEIJING - Setelah lima hari menunggu, Google masih belum mendapatkan jawaban dari pemerintah China terkait dengan perpanjangan izin beroperasi di negara tersebut.

"Hingga Senin pagi ini, kami masih belum mendapat kabar dari pemerintah China terkait dengan pembaharuan izin beroperasi Google. Kami masih menunggu," ujar juru bicara Google Jessica Powell, seperti dikutip melalui MIS-Asia, Senin (5/7/2010).

Lisensi tersebut dianggap Google sangat penting agar mereka bisa terus beroperasi di negara tersebut. Satu-satunya pihak yang boleh memberikan izin tersebut adalah pemerintah China langsung. Sayangnya, dalam beberapa bulan belakangan, Google terlibat perseteruan dengan pemerintah China terkait sensor konten. Hal ini dianggap sebagai 'alamat buruk' bagi Google karena kemungkinan besar pemerintah China tidak akan memberikan izin.

Pada Maret lalu, Google sempat memprotes tindakan sensor internet di China. Bahkan Google pun terkena sensor. Untuk tetap memberikan layanan pencarian ke masyarakat China, Google akhirnya mengalihkan para pengguna internet di negara tersebut, dari Google.cn ke Google.com.hk. Dengan tindakan ini, pemerintah China semakin berang dengan Google.

Seharusnya, Google sudah mendapatkan perpanjangan izin beroperasi sejak Rabu pekan lalu. Namun setelah Google mengembalikan akses ke Google.cn, pemerintah China malah memblokir sebagian layanan Google, seiring dengan tidak jelasnya nasib perpanjangan izin Google, yang membuat perusahaan tersebut semakin berharap cemas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar