Sabtu, 03 Juli 2010

Asia Basis Utama Twitter

CALIFORNIA - Twitter telah menjadi fenomena sejak kemunculannya Maret 2006. Meski dilahirkan di benua Amerika, mikroblog 140 karakter tersebut justru besar di wilayah lain, yakni benua Asia
Benua Asia kini tercatat sebagai basis utama Twitter. Data Semiocast menunjukkan bahwa pengguna Twitter di kawasan tersebut terus tumbuh. Bahkan, pengguna terhitung paling aktif.



Sekarang menjadi yang pertama dan daerah yang paling cepat berkembang dibandingkan tiga bulan lalu. Analisis tambahan menunjukkan bahwa AS sekarang hanya menyuplai 25 persen dari keseluruhan pesan di Twitter atau turun 30 persen pada bulan Maret 2010," demikian hasil studi yang dilakukan Semiocast seperti dilansir, Sabtu (3/6/2010).

Sementara, Asia tercatat secara volume pesan yang dikirimkan melonjak dari 31,5 persen menjadi 37 persen dibandingkan tiga bulan lalu. Amerika Selatan stabil di 15 persen, Eropa turun dari 15 persen menjadi 14 persen, Afrika berkisar 1,5 persen dan Oseania stabil pada 1,5 persen.

Peningkatan penggunaan di Asia cukup mengesankan dan menunjukkan bahwa layanan ini masih terus berkembang pada sangat cepat di beberapa daerah. Penggunaan Twitter di wilayah lain telah  relatif datar.

Namun dilihat dari jumlah pengguna di AS masih menempati urutan pertama disusul Jepang sebagai pengguna terbesar kedua dengan 18 persen. Sementara Indonesia menyumbang jumlah pengguna sekira 12 persen.

Tren ini diperkirakan tidak akan berubah, Twitter akan terus berkembang mengingat jumlah pengguna Twitter saat ini baru 100 juta. Bila dibandingkan dengan Facebook yang kini mencapai 500 juta Twitter masih bisa meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar